RAHASIA! Beberapa Cara Menerapkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat

Konten [Tampil]

Jelajah - Pola hidup bersih dan sehat merupakan kebiasaan yang penting untuk diterapkan. Perilaku hidup bersih dan sehat meliputi cara merawat tubuh, menjaga kebersihan lingkungan, mencuci tangan, dan lain-lain. 

Cara Menerapkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat

Simak beberapa Cara Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan sehat yang bisa Anda coba di rumah pada artikel ini.

Cara Menerapkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat

Menerapkan Kebiasaan Cuci Tangan 

Setiap hari tanpa disadari Anda menyentuh kuman melalui tangan, oleh karena itu kebiasaan mencuci tangan merupakan kebiasaan gaya hidup sehat terpenting yang harus diterapkan. Anda sebaiknya mencuci tangan saat melakukan aktivitas berikut:

Anda ingin membuat makanan.

Sebelum dan sesudah makan.

Sebelum dan sesudah aktivitas toilet.

Setelah bersin.

Setiap kali Anda menyentuh makanan.

Setelah membersihkan sampah.

Setelah mengganti popok bayi.

Sebelum dan sesudah membersihkan luka.

Mencuci tangan merupakan kebiasaan kecil sederhana yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan Anda dan kesehatan orang di sekitar Anda.

Menjaga Kebersihan Toilet

Anda diwajibkan mencuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan kamar mandi. Cuci tangan dengan sabun dan gosok selama 30 detik. Pastikan Anda mencuci secara menyeluruh sela-sela jari, punggung tangan, dan bagian bawah kuku. Bilas sampai bersih lalu keringkan. 

Jika perlu, Anda juga disarankan untuk mencuci tangan dengan hand sanitizer yang bahan dasarnya mengandung alkohol 60%. Selain itu, perhatikan juga kebersihan kamar mandi Anda dan peralatan yang berhubungan dengan aktivitas kamar mandi. Buang dan siram kotoran dengan baik serta bersihkan kamar mandi minimal seminggu sekali. 

Menjaga Kebersihan Mulut Dan Gigi

Cara menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah adalah dengan memperhatikan kebersihan mulut dan gigi. Ada baiknya untuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari. Menyikat gigi dengan benar setelah makan dan sebelum tidur sangat dianjurkan untuk mencegah berbagai penyakit gigi. 

Bila perlu, Anda juga disarankan menggunakan obat kumur untuk mencegah kuman dan bakteri tumbuh di sela-sela gigi. Selain itu, periksakan kesehatan gigi Anda secara rutin setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi untuk mencegah kerusakan gigi.

Menjaga Kebersihan Tubuh

Pola hidup sehat dan bersih yang terpenting adalah menjaga kebersihan tubuh secara menyeluruh dengan mandi secara rutin setiap hari. 

Manfaat mandi adalah menghilangkan bakteri, minyak, kuman dan sel kulit mati pada tubuh anda. Selain itu, mandi juga akan menghilangkan bau tidak sedap alami yang dihasilkan tubuh, terutama setelah Anda melakukan aktivitas berat di luar ruangan.

Menjaga Kebersihan Ruangan

Sebagian orang mungkin malas membersihkan rumah, padahal hal ini penting untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga. Ruangan yang kotor banyak menyimpan debu, kuman, bakteri dan kotoran lainnya sehingga meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit. 

Disarankan agar Anda membersihkan rumah setiap hari. Rumah yang bersih dan sehat akan meningkatkan mood dan kualitas hidup Anda.

Menjaga Kebersihan Kuku 

Kebersihan kuku seringkali diabaikan oleh sebagian besar orang, padahal kuku bisa menjadi media berkembang biaknya kuman yang kemudian terpapar oleh benda atau makanan yang disentuh. 

Jangan lupa untuk memotong kuku secara rutin dan membersihkan kotoran serta kuman yang biasanya menempel di sela-sela kuku. 

Memperhatikan kebersihan kuku dapat membantu Anda mencegah paparan dan penyebaran kuman ke mulut dan bagian tubuh lainnya. Selain itu, hindari kebiasaan buruk menggigit kuku.

Dilarang Merokok Di Dalam Rumah

Kebiasaan merokok tidak hanya membahayakan kesehatan perokoknya saja, namun juga orang-orang disekitarnya yang disebut juga dengan perokok pasif. 

Terlebih lagi jika Anda merokok di rumah karena asap dan bahan kimia dari rokok akan menempel di ruangan dan terhirup oleh semua orang yang ada di sana. 

Berdasarkan data yang ada, terdapat sekitar 890.000 kematian akibat perokok pasif. Jika Anda seorang perokok, sebaiknya segera mencari cara untuk berhenti merokok karena berbahaya bagi diri sendiri dan orang lain.

Menjaga Kebersihan Rambut

Gaya hidup sehat juga mencakup menjaga kebersihan rambut. Manfaat keramas adalah membersihkan penumpukan kulit mata, bakteri dan sisa minyak di kulit kepala yang dapat menyebabkan iritasi. Kebersihan rambut juga mencerminkan kepribadian Anda.

Terapkan Pola Makan Sehat

Selain pola hidup sehat, Anda juga harus menerapkan pola makan sehat dengan mengurangi makanan cepat saji dan memperbanyak konsumsi makanan alami seperti buah dan sayur. 

Buah dan sayur memiliki semua nutrisi dan vitamin yang Anda perlukan untuk kekebalan dan kesehatan tubuh secara umum. Selain itu, pastikan Anda menggunakan bahan makanan dan minuman yang bersih, serta mengolahnya dengan cara yang benar.

Olahraga Teratur 

Kurang berolahraga meningkatkan risiko terserang berbagai penyakit seperti stroke, jantung, kanker, diabetes, darah tinggi, kolesterol tinggi, dll. Anda disarankan untuk melakukan olahraga ringan minimal dua kali seminggu karena banyak manfaat olahraga bagi kesehatan. 

Menjaga Kebersihan Saat Sakit

Jika Anda merasa tidak enak badan atau memiliki penyakit umum lainnya, Anda harus peka untuk tidak menyebarkan bakteri atau virus terkait ke orang lain. Pola kebiasaan baik ini dapat membantu Anda dan orang di sekitar Anda agar tidak tertular penyakit serupa.

Demikian ulasan artikel tentang Yuk Ikuti Beberapa Cara Menerapkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat seperti yang dilansir togel toto macau

Semoga bermanfaat,,

Kuncieku jelajah.web.id - merupakan blog yang berisi artikel seputar teknologi, infomasi, tips & trik, pendidikan, dan alam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel