Keterampilan yang Paling Penting Saat Mendorong Transformasi Digital

Konten [Tampil]

Untuk tetap menjadi yang terdepan dalam lanskap bisnis saat ini yang berkembang dengan konektivitas 24/7, kolaborasi lintas negara, dan otomatisasi yang produktif, lalu transformasi digital ini sangatlah penting. 

Namun, untuk bisa berhasil melewati ladang ranjau yang terus berubah ini, maka dibutuhkan seseorang yang sangat spesial untuk memimpin. 

Orang tersebut juga harus memiliki beberapa keterampilan mendalam yang lebih luas yang melampaui keahlian teknis saja. 

Transformasi Digital

Keterampilan Penting Transformasi Digital

Literasi Digital 

Meskipun keahlian teknis sangat penting, pemahaman yang lebih luas mengenai literasi digital juga sama pentingnya untuk mendorong keberhasilan inisiatif transformasi digital. Menurut seorang ahli, 70% dari seluruh proyek transformasi digital tidak pernah mencapai tujuannya. 

Tentu saja, setiap bisnis akan berbeda dan ada banyak sekali alasan mengapa beberapa inisiatif bisa gagal total, namun memiliki pemimpin yang tidak memanfaatkan teknologi adalah sebuah kesalahan yang paling umum. 

Ada banyak sekali pemimpin masa kini yang telah mengetahui bahwa teknologi adalah jalan untuk menuju ke depan. Namun masih terdapat kesenjangan pengetahuan yang besar antara memahami pentingnya hal yang satu ini dan benar-benar menerapkannya untuk meningkatkan praktik bisnis.  Oleh karena itu, para pemimpin juga tidak hanya perlu terbiasa dengan alat-alat digital ini sendiri. 

Mereka perlu memiliki pemahaman tentang bagaimana teknologi tersebut berdampak pada berbagai fungsi bisnis. Pemahaman ini sangat penting jika pemimpin transformasi ingin berhasil menjembatani kesenjangan antara personel TI yang bertugas menerapkan alat digital baru dan tim non-teknis di garis depan yang dapat memberikan masukan dan umpan balik penting dari pengguna.  

Pengambilan Keputusan Berdasarkan Data 

Data adalah sumber pengambilan keputusan di era digital. Tidak ada keraguan bahwa pemimpin transformasi digital harus mahir dalam memanfaatkan data dan terbiasa menafsirkan dan bertindak berdasarkan analisis. Kepastian ini adalah satu-satunya cara agar tim dapat didorong maju ke arah yang benar dan keputusan yang tepat dapat diambil pada setiap saat yang tidak terduga.  

Dalam beberapa survei, 63% dari mereka yang disurvei mengakui bahwa perusahaan mereka tidak didorong oleh analisis, sementara 67% mengaku tidak merasa nyaman mengakses dan menggunakan data. Mengingat kita hidup di zaman di mana begitu banyak data tersedia di ujung jari kita, sungguh mengejutkan jika banyak bisnis tidak memanfaatkan alat canggih yang satu ini. 

Sangat penting sekali bagi para pemimpin untuk tidak hanya mendorong para karyawannya agar mengumpulkan dan memproses data, namun juga membimbing mereka tentang cara menafsirkan wawasan tersebut untuk pengambilan keputusan yang lebih tepat.  Pendekatan berbasis data memastikan bahwa organisasi tetap gesit dan responsif terhadap perubahan dinamika pasar. 

Dari memahami perubahan sentimen konsumen hingga memungkinkan tingkat personalisasi yang jauh lebih besar daripada yang sebelumnya, pengelolaan tingkat stok yang lebih baik hingga mengidentifikasi masalah pasokan, data juga dapat menawarkan keunggulan di setiap unit bisnis. 

Visi Strategis 

Di balik setiap keberhasilan transformasi digital terdapat visi strategis. Visi ini mempertimbangkan posisi bisnis saat ini, dan posisi yang perlu diambil untuk mencapai tujuan utamanya.  Untuk membangun visi tersebut, para pemimpin harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang teknologi yang sedang berkembang, memahami tren pasar, dan memahami perilaku konsumen. Luasnya pengetahuan dan kemampuan ini penting untuk menyusun peta jalan yang realistis. 

Dan dapat dicapai yang tidak hanya memanfaatkan alat digital yang tersedia namun juga bisa untuk memanfaatkan potensi transformatif dari teknologi yang satu ini. Sangat sulit sekali untuk melihat ke masa depan dan melakukan lompatan keyakinan dengan teknologi yang mungkin belum menjadi arus utama, namun pemimpin visioner memiliki keyakinan dalam pengambilan keputusannya. 

Mereka paham betul di mana perubahan perlu dilakukan, memperhatikan peluang-peluang yang muncul, dan tidak takut mengambil risiko yang telah diperhitungkan. Visi strategis memberdayakan organisasi untuk mengantisipasi tantangan, mengidentifikasi peluang, dan proaktif beradaptasi dengan lanskap digital yang dinamis bahkan ketika lanskap tersebut tampaknya terus berubah. 

Kepemimpinan dan Manajemen Perubahan 

Transformasi digital ini sendiri pada dasarnya bersifat disruptif, sehingga kepemimpinan yang kuat dan keterampilan manajemen perubahan adalah hal yang sangat penting sekali untuk sebuah perusahaan. Pemimpin yang sukses dan inspiratif memupuk kepercayaan diri, berkomunikasi secara efektif, dan menumbuhkan budaya inovasi.  Tidak semua upaya transformasi digital akan berhasil. 

Namun perlu dicatat bahwa banyak permasalahan yang menggagalkan proyek transformasi digital yang dapat diselesaikan oleh pemimpin berpengalaman.  Menurut survei, penolakan terhadap perubahan adalah hambatan dalam perjalanan menuju transformasi digital. Terserah para pemimpin untuk mengelola penolakan ini dan menemukan cara untuk mengajak semua orang ikut serta.  

Transformasi digital yang sukses bukan hanya tentang penerapan teknologi baru. Ini membutuhkan perubahan dalam pola pikir dan perilaku di seluruh organisasi mulai dari C-suite hingga ke bawah. Pemimpin yang mampu membangun transformasi budaya ini sangat penting untuk mendorong perubahan berkelanjutan dan memastikan seluruh tenaga kerja selaras dengan visi digital baru.

Demikian ulasan tentang Keterampilan yang Paling Penting Saat Mendorong Transformasi Digital seperti yang dilansir macaubet, semoga bermanfaat.

Technophoriajogja adalah Web untuk Pelatihan Komputer dan SDM Indonesia khusus Jogja - Technophoriajogja.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel