Inilah Manfaat Menggunakan Teknologi Digital dalam Bisnis
Inilah Manfaat Menggunakan Teknologi Digital dalam Bisnis- Era yang semakin maju diikuti dengan pesatnya perkembangan teknologi digital secara tidak langsung memberikan banyak perubahan yang signifikan dalam kehidupan.
Kehadiran internet kini banyak dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk mendukung kegiatan operasional kerja, mencari informasi, hingga menjadi sarana untuk memperkenalkan produk atau usaha.
Sederhananya, teknologi kini menjadi salah satu kebutuhan mutlak masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa yang produktif. Mengikuti perkembangan digital yang semakin pesat, persaingan usaha pun semakin ketat.
Artinya, para pengusaha harus mampu menemukan cara terbaik agar usahanya dapat bertahan dan tidak tergusur oleh ketatnya persaingan.
Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan internet dengan menggunakan metode yang dikenal dengan istilah digital marketing. Melalui metode ini, usaha tidak hanya dapat terus eksis, tetapi juga dapat berkembang dan bersaing dengan para kompetitor. Ketahui pada artikel ini mengenai Manfaat Menggunakan Teknologi Digital.
Pentingnya Manfaat Menggunakan Teknologi
Jika Anda masih beranggapan bahwa pemanfaatan teknologi untuk melakukan pemasaran online tidak memberikan dampak yang besar bagi usaha, pikirkan lagi. Pasalnya, mulai tahun 2014, jumlah iklan yang ditayangkan di internet sudah jauh lebih banyak dibandingkan dengan iklan yang ditayangkan di televisi atau jaringan televisi yang menggunakan kabel.
Saat ini, iklan tradisional sudah tidak lagi menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan dalam berbisnis. Tak heran, karena pemasaran daring terus meningkat hingga lebih dari 137%. Belum lagi lebih dari 500% brand yang sudah menggunakan strategi pemasaran digital untuk mengembangkan bisnisnya dan meningkatkan penjualan.
Setidaknya, sekitar 72% pelanggan atau konsumen sudah terhubung dengan brand atau produk pilihannya melalui berbagai platform pemasaran digital yang ada. Sebenarnya, cara pemasaran digital tidak sesulit yang Anda bayangkan, bahkan manfaatnya akan lebih besar bagi bisnis yang tengah Anda jalankan.
Website
Selain media sosial, website menjadi tempat untuk mengiklankan dan mempromosikan produk yang dipercaya oleh pelanggan. Melalui website, pelanggan bisa mengakses dan mendapatkan banyak informasi mengenai produk atau layanan yang ingin mereka gunakan. Bukan tidak mungkin, mereka akan menemukan alternatif produk yang lebih sesuai dengan kebutuhan mereka.
Membuat website sebenarnya tidak sulit dan tidak mahal. Akan tetapi, memang dibutuhkan keterampilan khusus agar website memiliki tampilan yang user friendly, baik saat diakses melalui laptop atau komputer maupun dari ponsel. Kini, sudah banyak jasa yang menawarkan pembuatan website untuk menunjang bisnis Anda, sehingga memiliki website yang mumpuni untuk beriklan bukan hal yang sulit lagi untuk didapatkan.
Konten Berbasis SEO (Search Engine Optimization)
Sebagian besar pengguna internet mencari informasi dengan cara mengetikkan kata-kata tertentu ke dalam mesin pencari, salah satunya adalah Google. Nah, agar produk atau bisnis Anda tepat sasaran, Anda bisa membuat banyak konten yang sudah dioptimasi oleh SEO.
Dengan memanfaatkan mesin pencari, peluang Anda untuk mendapatkan banyak pengunjung website atau calon pelanggan akan semakin besar.
Content Marketing
Selain menggunakan optimasi SEO, Anda juga bisa menggunakan konten pemasaran atau content marketing untuk media iklan di media sosial atau website.
Konten ini dibuat dengan basis pemasaran, yakni meningkatkan penjualan atau brand awareness terhadap produk Anda. Diharapkan setelah membacanya, calon konsumen akan melakukan pembelian melalui CTA atau Call to Action yang Anda sisipkan.
Media Sosial
Media ini masih menjadi yang paling penting dan paling sering digunakan. Tak heran, karena media sosial menjadi yang paling banyak diakses oleh pengguna internet di seluruh dunia.
Tak hanya untuk bertukar informasi dengan rekan, teman, atau keluarga, tetapi juga untuk mencari produk atau layanan yang mungkin mereka butuhkan saat itu juga.
Media sosial hingga saat ini masih menjadi tempat beriklan yang paling murah, tetapi mendapatkan angka konversi dan engagement paling banyak. Beberapa di antaranya yang masih menjadi jagoan adalah Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube. Bentuk iklannya bisa berupa gambar atau video.
Email Marketing
Mungkin, Anda pernah menerima email yang berisi promosi atau iklan suatu produk. Inilah yang disebut email marketing, pemasaran melalui email sebagai media untuk memasarkan suatu produk atau bisnis.
Namun, jangan asal kirim, Anda minimal harus memiliki data email calon konsumen yang sesuai dengan produk atau layanan yang Anda miliki.
SEM (Search Engine Marketing)
Teknologi digital juga memungkinkan Anda untuk beriklan dengan memanfaatkan SEM di Google, Facebook, atau Instagram yang dikenal dengan istilah Ads. Dibandingkan dengan SEO, beriklan dengan SEM memang membutuhkan biaya yang sedikit lebih mahal ala java303.
Namun, hasilnya dikatakan jauh lebih cepat, karena metode periklanan ini memungkinkan iklan Anda selalu muncul di halaman pertama mesin pencari atau media sosial dengan target pasar yang sesuai.
Anda tidak harus menggunakan semua cara di atas untuk mengiklankan suatu produk atau mempromosikan suatu bisnis. Pilihlah cara beriklan yang paling sesuai dengan jenis bisnis dan budget Anda, lalu maksimalkan untuk melakukan promosi dan penjualan melalui media yang Anda pilih.
Demikian penjelasan tentang Inilah Manfaat Menggunakan Teknologi Digital dalam Bisnis semoga bermanfaat, terimakasih.