Mengenal Suku Lingon : Sejarah, Mitos, Ciri Fisik, Dan Agamanya

Konten [Tampil]

Suku Lingon merupakan salah satu suku yang mendiami pedalaman Halmahera Timur, Maluku Utara. Halmahera Timur juga merupakan pulau terbesar di Kepulauan Maluku yang memiliki luas 17.780 kilometer persegi. Suku Lingon juga merupakan kelompok peradaban yang masih mempunyai kehidupan primitif. 

suku lingon

Keberadaan suku ini masih misterius dan belum banyak diketahui karena tidak hanya letaknya di pedalaman, wilayah tempat tinggal mereka cenderung sulit dijangkau. 

Suku ini diyakini bukan berasal dari Maluku, melainkan merupakan suku yang terbentuk dari hasil perkawinan antar ras. Hal ini dikarenakan suku lingon mempunyai ciri khas yang unik. 

Ciri yang paling terlihat adalah suku ini mempunyai perawakan yang menyerupai orang Eropa. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai sejarah Suku Lingon.

Sejarah Suku Lingon

Asal usul suku Lingon berawal dari sebuah kapal dari Eropa yang diduga tenggelam di sekitar Halmahera. Karena perbekalan di kapal mulai menipis dan penumpang kapal ini harus bertahan hidup, mereka menepi ke darat dan memasuki hutan Halmahera. 

Dan karena sulitnya akses menuju hutan, mereka memutuskan untuk menetap dan membentuk koloni yang sekarang dikenal dengan nama Lingon. 

Karena terus menerus hidup di hutan yang sulit diakses, suku Lingon harus hidup terisolasi dan primitif. Sehingga hingga saat ini diyakini keturunan suku Lingon meneruskan cara hidup tersebut.

Mitos Suku Lingon

Karena mempunyai ciri fisik yang istimewa, konon suku lain di sekitar Halmahera sangat penasaran dengan suku ini. Banyak dari mereka yang datang dan mencari keberadaan suku ini. 

Bahkan ada suku yang menculik perempuan dari suku Lingon karena penampilan dan ciri fisiknya untuk dijadikan istri. Hal ini menimbulkan kegelisahan dan ketakutan bagi suku Lingon, khususnya kaum perempuan.

Tak hanya itu, beberapa suku lain di sekitar Halmahera menganggap suku Lingon berbahaya karena perbedaan fisiknya. Anggapan tersebut disebabkan belum adanya informasi pasti mengenai asal usul suku ini. 

Oleh karena itu, cukup banyak suku Lingon yang mendapat tudingan melakukan praktik santet sehingga memiliki ciri fisik yang berbeda dengan suku lain di sekitarnya. 

Selain itu, beredar pula rumor bahwa suku Lingon suka mengonsumsi daging dalam keadaan segar atau mentah. Rumor ini perlahan menyebar selama beberapa generasi, membuat sebagian masyarakat takut terhadap suku Lingon.

Ciri Fisik Suku Lingon

Suku Lingon memiliki mata berwarna biru seperti mata khas ras bule yang merupakan warna mata orang Eropa. 

Warna mata inilah yang menjadi keunikan utama suku ini karena pada umumnya masyarakat Indonesia tidak secara alami memiliki mata berwarna biru. Selain bermata biru, orang Lingon berkulit putih dan berambut pirang seperti orang Eropa. 

Warna rambut ini jarang dimiliki oleh orang Indonesia, mayoritas orang Indonesia memiliki rambut berwarna gelap seperti coklat atau hitam. 

Jika sebagian besar penduduk asli maluku berkulit coklat tua, suku lingon mempunyai kulit putih pucat khas Eropa yang sangat berbeda dengan penduduk maluku kebanyakan.

Selain itu, suku Lingon memiliki postur tubuh yang cukup tinggi. Bentuk tubuh ini mirip dengan ciri fisik orang Eropa. Padahal di Asia sendiri banyak orang yang memiliki postur tubuh tinggi. 

Namun karena ciri fisik lain seperti warna mata, kulit, dan rambut, banyak anggapan bahwa suku ini berasal dari keturunan Eropa.

Membahas tentang penampilan yang tentunya relatif menurut pandangan masing-masing orang. Namun suku Lingon kerap dikategorikan sebagai masyarakat yang berpenampilan cantik. Bahkan, dulunya perempuan-perempuan di suku ini kerap diculik untuk dijadikan istri.

Keberadaan Suku Lingon

Keberadaan suku Lingon masih menjadi misteri hingga saat ini, selain karena mereka tinggal di pedalaman dan sulit dijangkau. 

Hingga ada yang mengatakan bahwa suku ini sudah punah. Sebab, tidak ada suku lain di sekitar Halmahera yang bertemu langsung dengan suku tersebut.

Namun ada beberapa pendapat lain yang berpendapat bahwa suku Lingon sengaja menjauhkan diri karena merasa risih dengan ketertarikan orang lain yang berlebihan terhadapnya.

Bahasa Suku Lingon

Belum diketahui secara pasti apakah suku Lingon mempunyai bahasa sendiri, hal ini dikarenakan belum banyak penelitian mendalam terkait suku ini. 

Namun berdasarkan beberapa asumsi, karena suku Lingon berasal dari bangsa Eropa yang terdampar, kemungkinan besar bahasa yang digunakan berasal dari Eropa.

Mata Pencaharian Suku Lingon

Karena tinggal di pedalaman hutan, diperkirakan mata pencaharian suku Lingon adalah bertani atau berburu. Pendapat tersebut didasari oleh ciri masyarakat Lingon yang menghindari keramaian dan memilih tinggal di pedalaman. 

Dan lagi, karena informasi mengenai suku ini masih terbatas, maka perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai kehidupan nyata suku Lingon.

Agama Dan Kepercayaan Suku Lingon

Agama dan kepercayaan suku Lingon masih belum diketahui sampai saat ini. Pasalnya, banyak penelitian yang cenderung membahas ciri-ciri fisik yang berbeda dengan masyarakat Indonesia pada umumnya. Selain itu, kendala akses juga menjadi kendala besar dalam pengumpulan data terkait suku ini.

Demikian ulasan artikel tentang Mengenal Suku Lingon: Sejarah, Mitos, Ciri Fisik, Dan Agamanya seperti yang dilansir bandar Toto macau. Semoga bermanfaat.

Kuncieku jelajah.web.id - merupakan blog yang berisi artikel seputar teknologi, infomasi, tips & trik, pendidikan, dan alam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel