Kunci untuk Melakukan Penilaian Pendidikan yang Efektif

Konten [Tampil]

Apakah penilaian pendidikan berhasil mencapai tujuannya? Pertanyaan ini telah menjadi perhatian utama para ahli pengukuran dan evaluasi, dan bagi semua pihak yang bertanggung jawab dan terlibat dalam proses pendidikan. 

Apalagi pada orientasi saat ini, yang berkepentingan agar proses pendidikan menjadi suatu proses yang cukup inovatif dimana seluruh unsur pendidikan ini akan saling berinteraksi. 

Karena sudah lama mengandalkan pendidik yang berperan paling besar, sedangkan peserta didik hanya bisa sebagai penerima saja. 

Kunci untuk Melakukan Penilaian Pendidikan yang Efektif

Agar penilaian pendidikan konsisten dengan orientasi interaktif ini, perlu digarisbawahi perannya dalam proses pendidikan, prinsip-prinsip utama yang perlu dipertimbangkan agar peran ini dapat terwujud sepenuhnya, dan juga alat-alat terpenting yang menjadi landasannya ini.

Cara Melakukan Penilaian Pendidikan yang Efektif

Penilaian Pendidikan

Penilaian pendidikan ini sendiri bisa diartikan sebagai ukuran paling sistematis dari pencapaian tujuan pendidikan berdasarkan evaluasi pengetahuan dan keterampilan para peserta didik. 

Berbeda dengan sekadar memberikan nilai atau persentase terhadap kinerja pendidikan peserta didik ini, yang disebut pengukuran . Penilaian lebih dari sekadar pengukuran untuk mengevaluasi deskripsi numerik tersebut.

Mengingat pentingnya penilaian pendidikan dan dampaknya terhadap proses pendidikan, penilaian ini harus ditempatkan dalam konteks konsisten dengan orientasi pendidikan yang berlaku dan mulai untuk mengedepankan beberapa metode pengajaran modern dan kebijakan pendidikan. 

Untuk menyusun dan memahaminya, perlu untuk melihat lebih dekat konsep-konsep utama, strategi, dan mekanismenya ini.

Prinsip Dasar Penilaian Pendidikan

Untuk mencapai tujuan dari penilaian pendidikan yang terutama menyasar peningkatan efektivitas proses pendidikan dan peningkatan prestasi dari peserta didik, maka sejumlah prinsip tersebut juga harus diperhatikan dalam setiap evaluasi yang ada. Hal yang paling penting dari prinsip-prinsip adalah:

Sah

Prinsip validitas penilaian dalam pendidikan mengacu pada pilihan alat penilaian yang benar-benar tepat untuk mengukur tujuan pendidikan yang dimaksudkan. 

Tujuan pendidikan beragam, sehingga alat ini beragam. Tidak semua alat cocok, alat yang tepat harus digunakan sehingga hasilnya dapat diandalkan.

Jernih

Agar penilaian pedagogi dapat membuahkan hasil, penting untuk memastikan bahwa penilaian tersebut transparan bagi semua peserta didik dan tidak mencakup apa pun hal yang dapat menyebabkan sebuah kebingungan atau penafsiran di pihak peserta didik. 

Pemahaman yang tidak jelas pasti menimbulkan hasil yang meragukan dan keputusan yang telah diambil berdasarkan hal tersebut juga tidak akan tepat.

Adil

Keadilan penilaian ini sendiri dicapai dalam pendidikan dengan mempertimbangkan perbedaan individu di antara peserta didik ketika mempersiapkan penilaian karena penilaian harus adil untuk semua tingkat akademik siswa. 

Hal yang satu ini untuk memberikan setiap siswa kesempatan untuk menemukan dan mulai mengkonsolidasikan kekuatannya dan untuk mengatasi dan mulai membangun kekurangannya ini.

Benar dan Obyektif

Penilaian dalam pendidikan dikatakan benar bila menghasilkan hasil yang sama setiap kali diterapkan, tanpa ada perubahan unsur atau keadaan apa pun. Dikatakan obyektif bila dilakukan dalam ujian dan kondisi yang sama yang berlaku bagi semua siswa yang menjalaninya, tanpa bias. 

Dengan cara yang satu ini, maka hasil yang dapat diandalkan dapat diperoleh dari evaluasi yang dimaksudkan, hal yang dapat diandalkan dalam merumuskan keputusan dan langkah-langkah yang diurutkan dalam evaluasi tersebut.

Meningkatkan Proses Pendidikan

Evaluasi dalam pendidikan ini juga harus dirancang sedemikian rupa sehingga hasilnya dapat dipantau, diinterpretasikan, dan diterjemahkan ke dalam keputusan, kebijakan, dan mekanisme pendidikan yang sesuai bagi peserta didik dan meningkatkan kualitas pendidikannya. 

Prinsip ini penting. Dibutuhkan evaluasi dalam pendidikan dari tampilan akhir hingga tampilan instrumen yang bermanfaat bagi semua sisi proses pendidikan dan membantu mengembangkan kinerjanya dan akan meningkatkan efisiensinya.

Untuk membantu Anda menerapkan prinsip-prinsip ini secara efektif, sistem Qorrect memberi Anda fitur-fitur canggih tanpa akhir yang dapat Anda andalkan untuk membuat ujian yang seimbang, seperti: 

Menghubungkan soal-soal ujian dengan tujuan pembelajaran, menawarkan lebih dari satu cara dalam membuat ujian, analisis rinci soal, dan segera.

Pentingnya Penilaian Pendidikan

Pengetahuan Tentang Kebutuhan Pendidikan dan Perkembangan Peserta Didik

Hasil penilaian pendidikan digunakan untuk menentukan tingkat pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan dari seorang pelajar dan kemudian untuk menentukan apa yang sebenarnya dimiliki oleh pelajar pada tingkat tersebut. Hal ini juga mengidentifikasi apa yang tidak dimiliki pelajar dan bagaimana mereka ini dapat memperoleh pengetahuan dan juga keterampilan yang masih diperlukan secara tepat.

Perumusan Tujuan Pendidikan

Berdasarkan hasil dari penilaian pendidikan, maka hal ini dapat ditentukan oleh adanya pengetahuan dan keterampilan yang sebaiknya diberikan kepada peserta didik pada tahap pembelajaran selanjutnya. Oleh karena itu, tujuan pendidikan dapat dirumuskan berdasarkan pengetahuan dan keterampilan tersebut, sedemikian rupa sehingga tujuan yang ditentukan ini dapat disesuaikan dengan hasil penilaian.

Berikan Peserta Umpan Balik yang Membangun Mengenai Level Mereka

Berbagai jenis penilaian pendidikan digunakan untuk mengidentifikasi masalah peserta didik dan mulai menunjukkan apa yang telah mereka pelajari dan kuasai. Setiap pelajar dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan kinerjanya dan melihat bagian mana dari kurikulum yang perlu dia upayakan lebih keras.

Demikian ulasan tentang Kunci untuk Melakukan Penilaian Pendidikan yang Efektif, untuk informasi selengkapnya klik disini, terimakasih.

Technophoriajogja adalah Web untuk Pelatihan Komputer dan SDM Indonesia khusus Jogja - Technophoriajogja.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel