Mengetahui Peran Penting PPKI Beserta Sejarah Pembentukannya, Simak Ulasannya

Konten [Tampil]

Indonesia merupakan negara yang dijajah oleh negara-negara Barat selama ratusan tahun. Penjajahan yang dilakukan oleh negara-negara Barat membawa penderitaan bagi bangsa Indonesia. 

Rakyat berjuang dan rela berkorban demi mengembalikan kemerdekaan negara dari kekuasaan penjajah, termasuk pada masa penjajahan Jepang.

Peran Penting PPKI

Padahal, sejarah kolonialisme yang panjang ini justru mengantarkan Indonesia menjadi negara berkembang dan maju seperti saat ini. 

Perjuangan dan perlawanan selama memperjuangkan kemerdekaan menumbuhkan rasa cinta tanah air dalam diri setiap individu.

Perjalanan menuju kemerdekaan diiringi dengan berbagai gejolak, perlawanan dan perundingan. Salah satu upaya para tokoh kemerdekaan dalam memperjuangkan Indonesia adalah dengan membentuk organisasi untuk menghidupkan kembali semangat pergerakan nasional.

Meskipun organisasi pergerakan nasional pada awalnya dibentuk oleh penjajah, namun para tokoh nasional mampu memanfaatkannya dengan baik sebagai bentuk persiapan kemerdekaan. 

Salah satu organisasi yang dibentuk Jepang yaitu PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia).

Sejarah Pembentukan PPKI

Sebelum PPKI terbentuk, Jepang telah membentuk Badan Penyelidik Upaya Persiapan Kemerdekaan Indonesia (Dokuritsu Junbi Cosakai) sebagai salah satu upaya yang dijanjikan Jepang menuju kemerdekaan Indonesia. Penyusunan undang-undang ini diketuai oleh Dr Radjiman Widyodiningrat dan memiliki anggota 67 orang.

Pada masa berdirinya BPUPKI, diadakan dua kali sidang perumusan dasar negara. Pada sesi pertama, lima gagasan dasar kenegaraan diajukan oleh tiga tokoh pergerakan nasional, yaitu Prof. Moh. Yamin, Dr. Soepomo dan Ir. Sukarno. Hasil uji coba inilah yang nantinya disebut Pancasila.

Pada tanggal 7 Agustus 1945, BPUPKI resmi dibubarkan karena dianggap telah selesai menjalankan tugasnya yaitu merumuskan rancangan undang-undang. Setelah BPUPKI resmi dibubarkan, terbentuklah organisasi berbahasa Jepang yaitu Dokuritsu Junbi Inkai.

Maksudnya Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau PPKI. PPKI resmi dibentuk pada tanggal 9 Agustus 1945, diketuai langsung oleh Ir. Soekarno dan 21 orang lainnya dari berbagai etnis di Indonesia.

Tujuan Pembentukan PPKI

Tujuan utama dibentuknya PPKI antara lain:

  1. PPKI bertujuan untuk meneruskan rancangan undang-undang yang telah dihasilkan BPUPKI dalam bentuk rancangan dasar negara dan rumusan
  2. Meresmikan rancangan undang-undang yang telah ditetapkan bersama
  3. Melaksanakan peralihan kekuasaan dari pemerintah Jepang kepada rakyat Indonesia
  4. Mempersiapkan berbagai hal terkait pembentukan negara Indonesia baru, termasuk pembentukan sistem ketatanegaraan dan struktur negara

Selain itu, PPKI dibentuk untuk memenuhi tuntutan generasi muda untuk mempercepat proklamasi kemerdekaan tanpa menunggu persetujuan dari pemerintah Jepang.

Peran Dan Tugas PPKI

Peran dan tugas PPKI tidak jauh dari BPUKI yaitu terkait persiapan kemerdekaan. Sesuai dengan namanya, tugas PPKI adalah mempersiapkan kemerdekaan secara matang agar hasilnya dapat sesuai dengan harapan bangsa.

Mempersiapkan Kemerdekaan

Tugas pokok pembentukan PPKI adalah mempersiapkan secara matang kemerdekaan Indonesia. PPKI bertugas mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan kemerdekaan, termasuk pembentukan anggota, merancang struktur negara, serta menentukan waktu dan tempat yang tepat untuk membacakan teks proklamasi.

Menyusun Dan Mengesahkan Konstitusi

Menurut Soekarno, kemerdekaan Indonesia harus diproklamasikan dalam dua bentuk, yakni deklarasi dan proklamasi. 

Proklamasi merupakan salah satu bentuk deklarasi kemerdekaan yang dilakukan dengan memberitahukan kepada seluruh rakyat bahwa Indonesia telah menjadi negara yang merdeka dan berdaulat. Kemudian, kemerdekaan Indonesia juga perlu diwujudkan dalam bentuk deklarasi. 

Deklarasi adalah pernyataan proklamasi yang didukung oleh pembentukan konstitusi baru. Bersamaan dengan itu, proklamasi kemerdekaan juga mengukuhkan Undang-undang Tahun 1945 sebagai konstitusi negara Indonesia. UUD 1945 resmi ditetapkan sebagai konstitusi negara pada tanggal 18 Agustus 1945, yang berarti hukum merupakan sumber utama hukum negara.

Menyusun Dan Mengesahkan Dasar Negara

Sebelum berdirinya PPKI, Jepang telah membentuk badan perumusan dasar negara yaitu BPUPKI yang menghasilkan lima rumusan dasar negara. Hasil rumusan dasar negara oleh BPUPKI kemudian disempurnakan kembali oleh PPKI. Kelima dasar negara inilah yang kemudian disebut dengan Pancasila.

Pancasila disahkan sebagai dasar negara karena rumusan Pancasila tertuang dalam alinea keempat Pembukaan UUD 1945. Dalam hal ini PPKI juga berperan dalam penyusunan dan pengesahan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. .

Mengangkat Presiden Dan Wakil Presiden

Pada umumnya ketika suatu negara berdiri diperlukan seorang pemimpin yang mempunyai wewenang mengatur pelaksanaan fungsi negara. Di sinilah peran PPKI dalam mempersiapkan kemerdekaan adalah memilih dan mengangkat presiden dan wakilnya.

Pada awal kemerdekaan, sistem pemerintahan Indonesia adalah presidensial, sehingga perlu dipilih tokoh-tokoh yang tepat untuk menjadi pemimpin. PPKI kemudian memilih dan mengangkat Ir. Soekarno sebagai Presiden dan Drs. Moh. Hatta sebagai Wakil Presiden.

Membentuk Struktur Pemerintahan

PPKI juga berperan dan membentuk struktur pemerintahan dan sistem ketatanegaraan Indonesia yang baru, dimana Indonesia menjadi negara yang lahir sebagai negara merdeka dan berdaulat sehingga diperlukan banyak reformasi. 

Untuk menyempurnakan tujuan negara, PPKI juga membentuk panitia nasional untuk membantu presiden dan wakil presiden dalam menjalankan tugasnya.

Memperjelas Wilayah Indonesia

Pada awal kemerdekaan, wilayah Indonesia masih belum teridentifikasi dengan jelas. Dua hari setelah proklamasi kemerdekaan, wilayah Indonesia diperjelas agar seluruh masyarakat mengetahui daerah mana saja yang merupakan bagian dari Indonesia. 

Pada awal masa kemerdekaan, Indonesia membagi wilayahnya menjadi delapan provinsi disertai dengan pengangkatan kepala daerah atau gubernur di masing-masing daerah.

Demikian ulasan artikel tentang Mengetahui Peran Penting PPKI Beserta Sejarah Pembentukannya seperti yang dilansir sbobet login. Semoga bermanfaat.  

Kuncieku jelajah.web.id - merupakan blog yang berisi artikel seputar teknologi, infomasi, tips & trik, pendidikan, dan alam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel