Asuransi Dalam Bisnis Rental Mobil

Konten [Tampil]

Yuk Kenali Alasan Pentingnya Asuransi Dalam Bisnis Rental Mobil - Bisnis jasa rental mobil atau yang biasa disebut dengan sewa mobil cukup populer di Indonesia dan memiliki potensi keuntungan yang cukup besar. Bagaimana bisa? Banyak sekali orang di luar sana yang membutuhkan jasa sewa seperti ini, terutama saat hari raya. 

Asuransi Dalam Bisnis Rental Mobil

Meski demikian, bisnis rental mobil ini tidak lepas dari risiko. Sebagai pemilik rental mobil, maka Anda juga akan menanggung risiko kerugian yang cukup besar apabila terjadi kerusakan pada kendaraan yang disewakan. 

Pentingnya menggunakan jasa asuransi kendaraan yaitu dapat mengatasi berbagai risiko yang dialami oleh pemilik. Ada banyak alasan mengapa Anda perlu menggunakan jasa asuransi untuk Bisnis Rental Mobil, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Pentingnya Asuransi Dalam Bisnis Rental Mobil

Tidak Bisa Mengontrol Penyewa

Saat menjalankan bisnis rental, jelas Anda akan dihadapkan dengan berbagai tipe penyewa. Penyewa akan membawa dan menggunakan mobilnya selama sedang disewa. Tidak jarang dalam bisnis ini penyewa melakukan pencurian mobil sewaan. Peristiwa pencurian juga bisa terjadi pada saat mobil disewa.

Mengingat harga sebuah mobil tidaklah murah, sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk memiliki asuransi. Jika suatu saat mobil Anda hilang karena dicuri, Anda bisa mendapatkan uang asuransi dari perusahaan asuransi untuk membeli produk baru.

Selalu Ada Risiko Di Jalan

Berbagai resiko kerusakan mobil akibat ngebut, melanggar rambu lalu lintas, lupa menggunakan lampu sein, dan lain sebagainya merupakan hal yang lumrah terjadi di jalanan. Risiko tersebut bisa terjadi karena kelalaian penyewa maupun kecerobohan orang lain.

Bencana Alam

Risiko lain yang tidak dapat dikendalikan adalah bencana alam. Jika sewaktu-waktu terjadi bencana, tidak perlu khawatir dengan biaya perbaikan akibat mesin terendam air banjir atau tertimpa puing-puing bangunan akibat gempa, dan lain sebagainya. Bawa saja ke bengkel rekanan dan biaya perbaikan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Nilai Premi Kecil 

Anda mungkin sudah mengetahui bahwa biaya perbaikan mobil cukup mahal, terutama untuk mobil yang mengalami kecelakaan. Membeli asuransi mobil tentu akan menguntungkan bagi Anda, karena premi yang dibayar cukup murah dibandingkan biaya perbaikan.

Pada umumnya premi asuransi mobil kurang dari 5% dari harga mobil itu sendiri. Hal ini tentu saja merupakan nilai yang kecil, jika dibandingkan dengan resiko kerugian yang timbul akibat kerusakan pada mobil.

Perusahaan Asuransi Akan Menjamin Proteksi

Jika sewaktu-waktu mobil tidak dapat beroperasi dengan baik, maka Anda dapat mendatangi bengkel yang bersangkutan untuk memperbaiki mobil. Biaya perbaikan akan ditanggung oleh asuransi sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang pribadi lagi. Hal ini disebabkan karena kerusakan yang terjadi di luar pengecualian polis.

Workshop mitra asuransi tersebar hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Jadi, bisa disesuaikan dengan wilayah keberadaan Anda saat kerusakan terjadi.

Jenis-Jenis Asuransi Untuk Rental Mobil

Asuransi Total Loss Only (TLO)

Keuntungan dari asuransi Total Loss Only (TLO) adalah sebagai berikut.

● Biaya premi lebih terjangkau.

● Cocok untuk mobil berusia di atas 10 tahun.

Kerugian dari asuransi Total Loss Only (TLO) adalah sebagai berikut.

● Manfaat terbatas yaitu jaminan apabila mobil mengalami kerusakan sekitar 75% dari nilai pasarnya dan hilang begitu saja.

Asuransi All Risk

Berikut merupakan keuntungan asuransi all risk.

● Menjamin kerugian menyeluruh, mulai dari kerusakan ringan, sedang, berat, hingga pencurian.

● Cocok untuk rental mobil atau bagi yang mempunyai mobilitas tinggi.

Berikut merupakan kerugian asuransi all risk.

● Premi asuransi cukup mahal.

● Perlu disesuaikan dengan kondisi keuangan agar pembayaran premi berjalan lancar.

Tips Memilih Asuransi Untuk Rental Mobil

Berikut beberapa tips memilih produk asuransi khusus sewa mobil:

Pilih Produk Khusus Untuk Mobil Rental

Pastikan memilih produk asuransi yang khusus dibuat untuk rental mobil atau komersial (mobil yang digunakan untuk kegiatan bisnis). Hal ini akan menghindarkan Anda dari kegagalan klaim dan permasalahan lainnya di kemudian hari.

Pilih Pertanggungan Yang Tepat

Jangan lupa untuk memilih perlindungan yang tepat pada produk asuransi yang Anda beli. Pahami dengan baik cakupan di semua risiko dan TLO agar Anda bisa memilih salah satunya, tentunya yang paling sesuai dengan kebutuhan mobil Anda. 

Pahami Benefit Dan Batasan Asuransi Mobil

Produk asuransi rental mobil dibuat dengan tujuan komersia. Hal tersebut dapat dinilai polisnya sedikit berbeda dengan asuransi mobil pada umumnya. Oleh karena itu, pastikan untuk memahami manfaat yang didapat dan juga batasan perlindungannya. Konsultasikan dengan agen atau perusahaan asuransi Anda untuk rinciannya.

Bagi yang menjalankan bisnis rental, pastikan Anda menggunakan jasa asuransi terhadap kendaraannya. Produk ini akan memberikan perlindungan kepada orang yang telah menyewa mobil. Pilihlah produk asuransi yang paling tepat, agar Anda bisa memberikan perlindungan maksimal.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang Yuk Kenali Alasan Pentingnya Asuransi Dalam Bisnis Rental Mobil seperti yang dilansir slot gacor. Semoga bermanfaat. 

Kuncieku jelajah.web.id - merupakan blog yang berisi artikel seputar teknologi, infomasi, tips & trik, pendidikan, dan alam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel