Rekomendasi Makanan Khas Maluku Yang Menjadi Menu Favorit Keluarga

Konten [Tampil]

Maluku adalah sebuah negara kepulauan di sebelah timur Indonesia. Geografi wilayahnya yang berupa kepulauan memang kaya akan hasil laut khususnya ikan. Bahkan sebelum masa penjajahan, Maluku juga merupakan poros perdagangan rempah-rempah dunia. 

Oleh karena itu, ikan kerap menjadi bahan olahan utama masakan Maluku yang dipadukan dengan kekayaan hasil pertanian lainnya berupa rempah-rempah. 

Tak heran jika ciri khas masakan maluku adalah masakannya yang kaya akan cita rasa. Ciri khas makanan khas maluku, selain diolah dari laut dan kaya akan rempah, maluku juga banyak memiliki olahan berbahan dasar sagu.

Rekomendasi Makanan Khas Maluku Yang Menjadi Menu Favorit Keluarga

Daerah ini menjadikan sagu sebagai makanan pokok karena lebih mudah ditemukan di wilayah geografis seperti Maluku. Sagu atau tanaman umbi-umbian lainnya seperti singkong dan singkong juga banyak dimanfaatkan sebagai makanan utama masyarakat setempat. 

Oleh karena itu, banyak bermunculan olahan yang juga berbahan dasar sagu, seperti papeda dan bubur sagu. Nah berikut ini kami akan membahas mengenai beberapa Makanan Khas Maluku. 

Rekomendasi Makanan Khas Maluku

Gohu Ikan

Bagi pecinta makanan Jepang pasti pernah mendengar tentang sashimi. Mungkin ada yang pernah mencoba makan sashimi? Nah, kuliner khas maluku yang satu ini bisa dibilang mirip dengan sashimi. Gohu ikan ini berasal dari kota Ternate, Maluku Utara. Ikan gohu terbuat dari ikan mentah yang dipotong dadu dan ditambah dengan perasan lemon dan garam untuk menyamarkan bau amis.

Selain itu, tambahkan juga daun kemangi dan diamkan beberapa saat agar bumbu meresap sebelum dinikmati. 

Anda juga bisa menambahkan bumbu dari tumisan cabai dan bawang merah yang kemudian ditaburkan pada ikan untuk menambah cita rasa. Ikan yang biasa digunakan untuk makanan ini adalah tuna dan makarel.

Ikan Asar

Makanan khas maluku berikutnya berasal dari Ambon. Ikan asar atau ikan asap merupakan olahan ikan yang diolah dengan cara diasapi sehingga dapat bertahan lama, maksimal 7 hari. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan tuna dan cakalang. Alasan dipilihnya ikan ini karena dagingnya tetap padat setelah diasap.

Ikan asap sangat nikmat jika dicocol dengan sambal colo-colo. Inilah perpaduan yang tepat untuk merasakan sensasi dan nikmatnya menyantap kuliner khas Maluku. Makanan ini sangat terkenal terutama di kalangan wisatawan dan wisatawan yang akan membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

Ikan Bakar Dabu-Dabu

Ikan bakar dabu-dabu wajib dicoba bagi pecinta pedas dan asam. Pengolahan ikannya tidak terlalu banyak menggunakan bumbu, hanya garam kasar dan air jeruk nipis. Setelah ikan matang, siram sambal dabu-dabu di atasnya. Akan sangat nikmat jika disantap dengan nasi panas. 

Ikan Kuah Pala Banda

Kekayaan hasil laut dan rempah-rempah di wilayah Maluku memang menjadi berkah bagi masyarakat setempat.

Olahan ikan yang kaya akan bumbu bisa dengan mudah Anda temukan di sini, salah satunya ikan kuah pala banda. Olahan ini umumnya menggunakan ikan kakap atau kerapu karena tekstur dagingnya yang padat dan rasanya yang lezat.

Masakan ini berasal dari daerah Banda, di Maluku. Bumbu utamanya menggunakan pala, sesuai dengan namanya. 

Bumbu lainnya terdiri dari merica, cabai, garam dan berbagai bumbu lainnya membuat masakan ini kaya akan cita rasa. Sajian kuliner berkuah ini akan semakin nikmat disantap dengan nasi panas dan dinikmati saat lapar.

Sagu Papeda

Kuliner ini salah satu yang paling terkenal di Maluku dan Papua. Makanan berbahan dasar tepung sagu ini diolah menjadi bubur yang memiliki tekstur kental dan lengket. Kepopuleran papeda kerap menjadi ikon kuliner daerah Timur, khususnya di Maluku dan juga di Papua.

Masyarakat di Indonesia Timur sudah lazim mengonsumsi sagu sebagai makanan pokok karena mengandung cukup serat dan nutrisi, serta rendah kalori. Tak heran jika banyak makanan khas Indonesia Timur yang menggunakan sagu sebagai bahan utamanya, termasuk papeda yang terkenal di dunia. 

Tepung sagu yang diolah menjadi papeda bisa dinikmati bersama ikan yang dibumbui kuah kunyit.

Sagu Gula

Selain papeda, jajanan manis ini juga berbahan dasar sagu. Sagu gula biasanya disajikan dengan taburan gula merah cair yang sudah direndam ke dalam sagu. Masyarakat maluku biasanya menikmatinya sebagai selingan atau camilan saat menikmati waktu luang. 

Sinole

Sinole atau sagu gulung selain terkenal di maluku juga banyak ditemukan di papua dan sulawesi. Jajanan manis ini terbuat dari sagu kering yang direndam dalam air. 

Namun sinole juga bisa dibuat dengan cara membuatnya menggunakan tepung sagu yang ditambahkan air. Bahan lain yang digunakan adalah gula merah, kelapa parut, dan garam.

Bubur Sagu Ubi 

Maluku juga mempunyai olahan sagu lainnya yaitu dalam bentuk bubur. Bubur sagu ubi, sesuai dengan namanya, terbuat dari potongan sagu dan ubi. Untuk menambah rasa manis, tambahkan campuran gula merah cair dan gula pasir, serta daun pandan untuk menghasilkan aroma.

Sagu yang digunakan harus direndam dalam air sebelum dimasak. Setelah itu masak bersama gula hingga gula larut. Setelah gula mendidih, masukkan ubi dan yang sudah dikukus.

Nasi Lapola

Meski sagu merupakan makanan pokok yang sering dikonsumsi, bukan berarti tidak ada nasi yang bisa dijadikan makanan khas dan unik dari Maluku. Nasi lapola terbuat dari beras, kacang tunggak, dan kelapa muda ditambah lalap mentah.

Biasanya disajikan dengan lauk pauk berupa ikan tuna dan ikan teri basah. Nasi lapola nikmat disantap dengan tambahan sambal colo-colo untuk mendapatkan rasa pedas dan sensasi segar saat disantap.

Demikian ulasan tentang Rekomendasi Makanan Khas Maluku seperti yang dilansir spaceman slot, Semoga bermanfaat. 

Technophoriajogja adalah Web untuk Pelatihan Komputer dan SDM Indonesia khusus Jogja - Technophoriajogja.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel